Selasa, 12 Maret 2013

Narrative Text

Teks Narative adalah teks yang bertujuan menghibur pembaca atau pendengarnya. Teks ini berkaitan dengan kisah khayal (fiksi) atau pengalaman nyata (non fiksi) atau peristiwa sulit yang mengarah ke suatu masalah/ krisis namun pada akhirnya menemukan suatu penyelesaian/ solusinya.

Ciri teks naratif adalah adanya unsur konflik (masalah) dan resolusi (penyelesaian masalah). Jumlah masalah atau penyelesaiannya mungkin hanya satu, mungkin juga lebih.

Social Function: to entertain/amuse the readers or listeners with a true experience or an imaginary one.


Struktur Teks (generic structure):
1. Orientation (pendahuluan cerita).: It's about the opening paragraph where the characters of the story are introduced (memperkenalkan tokoh cerita, tempat, dan waktu)
 2. Complication: Where the problems in the story develop (munculnya konflik/ masalah diantara para tokoh tersebut).
3. Resolution: Where the problems in the story is solved (penyelesaian/ pemecahan masalah).
4. Re-Orientation: Penegasan kembali (ungkapan ungkapan yang menunjukkan bahwa cerita sudah berakhir) Ini bersifat opsional.

Linguistic Features (Ciri ciri kebahasaan):
  • Nouns tertentu sebagai kata ganti orang, dalam cerita, mislnya: stepsisters, housework, dsb
  • Adjectives yang membentuk noun phrase, misalnya: long black hair, two red apples, dsb
  • Time connectives dan conjunctions untuk mengurutkan kejadian atau peristiwa, misalnya: here, in the mountain, happily ever after, dsb.
  • Saying verbs yang menandai ucapan sep: said, told, dan thinking verbs yang menandai pikiran, perasaan tokoh, misalnya: thought, felt, dsb.
  • Action verbs dalam past tense, misalnya: stayed, dsb

Kinds of Narrative Text (Jenis jenis teks naratif):
  1. FAIRY TALE (DONGENG): Cerita yang sudah umum diketahui oleh orang orang di seluruh dunia. (Stories that have been commonly known by people all over the world) Contoh: Cinderella, Snow White, dsb
  2. LEGEND (LEGENDA): Cerita tentang asal usul terjadinya suatu daerah, benda, binatang, gedung. (The origin of the story of a place, animal, building) Misal: Tangkuban Perahu, Roro Jonggrang, Lake Toba
  3. MYTHE (MITOS): Cerita yang sudah menjadi kepercayan rakyat dan mempengaruhi kehidupan masyarakat di sekitarnya.( The story has become a folk belief and affect people's lives around) Contoh: Nyai Roro Kidul
  4. FABLE( FABEL): Cerita binatang yang bertingkah laku sep. manusia.(The story of animals behave like humans) Contoh: Kancil
  5. FOLKLORE (CERITA RAKYAT): Cerita yang ada di masyarakat yang biasanya disebarluaskan dari mulut ke mulut. Contoh: Walisongo dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks